Senin, 14 Januari 2013

5 Cara Selamatkan Dunia Lewat Sekolah Anda

Lingkungan MAN 1 Yogyakarta


“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.{Q.S Ar-Rum 30:41}

Terjemahan ayat diatas tersebut menjelaskan bahwa kita telah diperingatkan oleh Allah tentang kerusakan-kerusakan yang ada di bumi . Sudah berapa lama bumi kita ini menangis tersakiti akibat hutan-hutannya yang sudah gundul? Memang bumi diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia di seluruh dunia, tapi mengapa seenaknya sendiri dalam memanfaat-kan bumi?.


“Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)"”. {Q.S Ar-Rum 30:42}

Kemudian, lanjutan ayat tersebut adalah perintah agar kita senantiasa untuk selalu introspeksi diri dan selalu melihat kesalahan-kesalahan lalu agar tidak terjadi kerusakan lagi pada masa mendatang.

Nah, teman-teman harus tahu bahwa menjaga bumi itu tugas manusia. Kita berhak untuk mengambil manfaat dari bumi tetapi kita juga berkewjiban untuk melindungi bumi agar tidak terjadi kerusakan. Kalau bumi rusak siapa yang rugi coba, kita kan? Kalau untung bumi aman yang untung kita juga yang dapat. Setuju ya?

Lalu, bagaimana caranya agar bumi tetap utuh sedangkan teman-teman masih pelajar yang belum berpengasilan? Sebenarnya banyak loh yang bisa kita lakukan. Diantaranya adalah:

1.    Ikuti lomba go green
Tim Mural gogreen MANSA
Lomba go green ini sangat berpengaruh loh teman. Soalnya, dengan adanya lomba go green ini para peserta menjadi sadar akan pentingnya keselamatan bumi. Contohnya, mural dengan tema go green para peserta akan berfikir gambar apa yang cocok untuk menghipnotis orang-orang yang meliahatnya agar kesadaran untuk keselamatan dunia, contoh yang lain lagi lomba blogging atau juga KTI. Para peserta akan membuka wawasan tentang keselamatan bumi dan dengan wawasan itu akan menumbuhkan rasa kesadaran diri untuk save the world *idiihh. 

2.    Kurangi jajan
Teman-teman pasti suka banget sama kegiatan yang satu ini ya kan? Bagaimana mungkin tidak, tanpa jajan atau makan perut akan terus melakukan pemberontakan karena. Tapi ingat teman-teman, semakin banyak teman-teman jajan itu berarti semakin banyak teman-teman mengotori dunia. Bayangkan! Jika teman-teman jajan itu berarti kalian membutuhkan wadah makanan agar makananan itu steril, nah semakin itu berarti semakin banyak sampah yang terbuang kelingkungan.  Kalau teman-teman mengurangi jajan berarti teman-teman sama saja mengurangi pencemaran lingkungan baik di air maupun di darat sehingga aman lah bumi kita.

3.    Kurangi pemakaian Bahan Bakar minyak
Pemakaian bahan bakar secara terus-menerus akan membuat pasokan bahan bakar akan berkurang itu akan membuat bahan bakar semakin langka sehingga akan mahal harganya. Nah, teman-teman tidak mau kan kalau harga bahan bakar semakin mahal? Maka dari itu, kalau teman-teman berangkat sekolah, mending jalan kaki atau kalau rumahnya jauh naik sepeda tapi kalau malas naik angkutan umum aja. Just make it simple. 

4.    Tanggung jawab dengan sampah
Teman-teman pasti tahu kan fungsi tempat sampah? Yeah tempat sampah itu berfungsi untuk membuang sampah agar lingkungan tidak tercemar oleh sampah-sampah. Lebih baik lagi jika tempat sampah tersebut dipsahkan antara sampah basah dengan sampah kering atau sampah organik atau non-organik. Metode tersebut akan memudahkan dalam membedakan antara sampah yang dapat didaur ulang. Nah kalau udah tahu begitu kenapa teman-teman gak buang sampah pada tempatnya? Bertanggung jawablah terhadap sampah Anda. “Be responsible of your garbage. Think wisely. Act as if We Care!” kata-kata ini saya tahu dari baca-baca artikel di internet loh, tapi lupa alamatnya coba deh search di google.

5.    Teruslah belajar
Tak sulit untuk memperjuangkan keselamatan bumi selama anda terus belajar belajar dan belajar. Dengan belajar teman-teman akan semakin tahu dan semakin membuka ilmu-ilmu alam yang begitu luas. Dengan memiliki ilmu yang luas pastilah akan membuka rahasia alam semesta untuk menyelamatkan bumi, mungkin dengan cara menemukan teknologi modern tanpa merusak alam sedikitpun.

Apapun kegiatan-nya tetap “save the world” ya.(afs)

0 komentar:

Posting Komentar

next