Kamis, 10 Januari 2013

Buang-buang Waktu itu Buang-buang Energi


 Pernahkah teman-teman meniggalkan pelajaran tanpa seizin guru mata pelajaran untuk kegiatan yang tidak jelas? Pernahkah teman-teman tidak masuk sekolah dengan izin sakit padahal tidak sakit hanya untuk bermalas-malasan? Apakah teman-teman juga pernah tidur dengan menyalakan musik keras-keras?

courtesy of google.com
courtesy of www.google.com
Hei teman-teman  semua yang di atas itu merupakan kebiasaan terburuk yang pernah ada. Seharusnya, itu semua harus kita buang jauh-jauh. Karena, semua itu membuang-buang waktu dan itu akan berdampak buruk bagi energi yang kita keluarkan. Gak percaya? Mari kita simak.


Teman, sebelumnya saya jelaskan dulu ya apa itu energi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, energi yang dimaksud adalah energi listrik dan mekanika. Tetapi energi yang dimaksud disini beda teman-teman. Jika energi dihubungkan dengan kegiatan atau aktivitas manusia, energi  tidak hanya listrik dan mekanika saja tetapi dapat berupa energi spiritual yang tidak terbatas dan tidak dapat diukur dengan alat ukur apapun. Iya kan?

Sedangkan arti kata waktu yaitu seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Jadi begini teman-teman, waktu itu sesuatu yang lamanya untuk melakukan sesuatu. Itu semua dibatasi loh teman, karena coba bayangkan kalau waktu tidak dibatasi berarti tidak ada siang dan malam dong? Ya gak? Tapi, CMIIW ya.

Terus apa hubungan-nya? Tentunya ya itu sangat berhubungan dong teman-teman. Coba bayangkan nih ya, ketika teman-teman bolos pelajaran sekolah terus teman-teman itu malah keluyuran ke lingkungan sekolah. Itu akan membuat teman-teman mudah capek dan teman-teman buang-buang tenaga yang seharusnya digunakan untuk belajar, mubazir kan energy-nya? Ditambah lagi bolos-nya di kantin. Sudah boros energi, boros uang lagi. Jangan salah uang itu energi loh. Ya gak? Iyalah.  Karena, kita makan butuh uang kita cari uang juga butuh energi. Coba kalau teman-teman buang-buang uang itu akan membuat teman-teman membuang energi, kalau teman-teman semua buang-buang energi akan menjadikan susah dalam mencari uang karena  tanpa energi bagaimana untuk kerja?

Kalau dilihat-lihat, di sekolah saya tercinta MAN I Yogyakarta masalah pembolosan pelajaran itu sudah tidak asing lagi teman, tapi itu minoritas saja, kalau dalam satu angkatan itu ada 220an anak yang bolos itu sekitar lima kurang atau lebih dalam satu harinya dan saya sudah muak banget dengan pembolosan. Terus bagaimana kalau disekolah teman-teman? lagian kalau bolos akhirnya akan menjadi pengangguran kalau tangan-tangan jahil pasti udah merusak tanaman yang ada di sekolah karena sudah terlalu bosan dengan tangan-nya yang nganggur. Lalu, kalau ngerusak tanaman terus dalam setiap pembolosan kapan bumi menjadi hijau kembali? Yang jadi, bumi semakin gersang loh teman. Sebaik-nya tanami tuh lahan-lahan yang gersang.

Ternyata menurut survei, bolos itu bikin KANKER. Ya horor banget kan? Coba deh, ketika teman-teman semua bolos itu jalan-jalan ke mall gitu atau ke burjonan atau lagi ke rental PS teman-teman pasti ngeluarin uang kan? Nah itu bikin kantong temen temen kering (KANKER = Kantong Kering). Jadi, saya saranin gak usah bolos pelajaran dah, nyesel nantinya. Sudah dibilang “sesal kemudian tak berguna” lagian itu bikin polusi udara semakin banyak men, kok bisa? Kalian tiduran itu bikin keringetan dan tentunya keringat orang malas-malasan itu bau banget, saat kalian jalan-jalan asap kendaraan jadi bertambah, iya kalau teman-teman jalan kaki atau naik sepeda. Pastinya malas dong, la wong sekolah saja malas apa lagi berpergian dengan jalan kaki.

Teman-teman sadar gak sih, kalau waktu yang digunakan sia-sia itu berdampak buruk banget bagi lingkungan bahkan bisa sampai mendunia? Waktu, itu berpengaruh terhadap pembuangan energi yang ada didalam dunia ini, saya saranin jangan menyalakan musik ketika teman-teman tidur. Karena, energi itu sia-sia ketika teman-teman sedang istirahat, musik nyala keras padahal gak ada yang mendengarkan, begitu juga dengan pemakaian lampu ataupun alat elektronik lainnya jangan terlalu boros pemakaiannya. Semakin lama alat-alat listrik itu dinyalakan semakin banyak daya listrik yang dibutuhkan, semakin banyak daya listrik yang dibutuhkan semakin banyak uang yang harus kita keluarkan untuk membayar tagihan listrik, selain itu semakin berkurang daya yang disimpan. Lama-lama kita kesulitan untuk mendapatkan listrik, lalu kalau ada giliran mati lampu yang disalah-salahin PLN-nya. Kasihan juga kan, jadi teman-teman kalau alat-alat listrik itu gak terpakai lebih baik gak usah dinyalakan karena akan buang-buang energi dalam waktu yang lama.(afs)

3 komentar:

AbdHnf mengatakan...

WAW..

lastchapter.blogspot.com mengatakan...

Hm... Maaf itu namaku salah kakak Yang benar Umar Annajm

Jurnal MANSA Yogyakarta mengatakan...

ok maaf salah tulis ya

Posting Komentar

prev next